Mengenal Diri

Mengenal diri sendiri adalah kunci untuk pengembangan diri.Dengan mengenal diri, seseorang akan mengetahui kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan sehingga tahu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan dirinya demi untuk mencapai tujuan hidup nya.
mengenal diri sendiri amat penting sebab orang yang mengenal dirinya sendiri akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya,sehingga akan mampu menempatkan diri dalam pergaulan,dan juga mampu mengelola kelebihannya (potensi) untuk meraih kesuksesan hidup di masa depan.

Mengenal diri sendiri bukan sekedar mengenal yang bersifat fisik atau jasmaniah seperti ,nama, alamat, usia, dan apa saja,tetapi juga yang bersifat non fisik atau rohaniah seperti bakat,ketrampilan,kesenangan, dan hobby kita.Mengenal diri sendiri harus dilakukan secara terus menerus untuk menggali sesuatu yang terdalam yang ada pada dalam diri kita sendiri.
Salah satu cara untuk mengenal diri adalah mengamati diri secara cermat yaitu perasaan, pikiran, harapan, keinginan, kegembiraan dan lain-lain yang terjadi dalam diri sendiri. 
Yang perlu disadari adalah bahwa setiap orang itu berbeda dan unik. Tak ada orang yang sama. Mereka dianugerahi kemampuan, potensi dan bakat yang berbeda-beda.Tugas manusia adalah menggunakan semua itu untuk kemajuan kehidupan ini. 
Mengenal diri dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.Ambil waktu senggang, carilah suasana tenang. Persiapkan diri anda untuk melakukan kegiatan ini. Dalam melaksanakan kegiatan ini bersikaplah seperti menonton film kehidupan anda. Jangan biarkan emosi anda terlibat. Berusahalah untuk menerima apa yang telah terjadi. Bila anda bermaksud menafsirkan apa yang mungkin terlintas dalam kegiatan ini, maka anggaplah bahwa tidak ada sesuatu pun yang sia-sia, selalu bertujuan, dan baik bagi pengembangan diri.
1. Ambillah secarik kertas, tuliskan nama, tempat dan tanggal lahir, dan data pribadi anda lain yang patut anda ketahui. Mampukah anda mengenal diri anda melalui data-data yang anda tulis sendiri sembari melepaskan segala harapan-harapan, ketakutan dan kecemasan yang mungkin pernah ditanamkan dalam benak anda? Mampukah anda melihat diri anda melalui data-data yang anda tulis dengan cara pandang yang polos dan sederhana? Apakah anda bisa menyadari bagaimana kepribadian yang biasa anda kenakan dalam kehidupan sehari-hari?
2. Kini tuliskan riwayat pekerjaan anda. Anda bisa memulainya dari awal atau akhir. Yang penting adalah anda mampu melihat seluruh riwayat pekerjaan anda secara utuh. Mungkin di saat menulis itu, anda teringat pada hal-hal yang menyenangkan atau menyedihkan. Biarkan saja. Sekali lagi, pandanglah catatan riwayat pekerjaan anda sesederhana mungkin. Tetapi amati setiap kecenderungan yang muncul yang menerbitkan kegembiraan dalam pekerjaan anda.
3. Tuliskan riwayat pendidikan anda, sejak kecil hingga sekarang. Tuliskan pula ketrampilan dan hal-hal apa yang pernah anda pelajari. Sebagian mungkin semakin terasah. Sebagian lain terlupakan. Lihatlah seluruh riwayat pendidikan dan pengajaran anda secara utuh. Amati setiap kecenderungan yang membuat hidup anda terasa menyenangkan. Apakah anda mampu menemukan hubungan antara pendidikan anda dengan pekerjaan anda sekarang?
4. Cobalah menulis kegiatan-kegiatan yang anda lakukan. Biasanya itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan membuat hidup terasa penuh gairah. Bisa berupa hobi, petualangan, organisasi sosial, agama, seni, olahraga, dan lain-lain. Apakah anda menemukan hubungan antara kegiatan-kegiatan ini dengan pekerjaan dan karir anda sekarang?
5. Lihatlah diri anda kini secara utuh, sekali lagi dengan pandangan yang polos dan sederhana (tanpa dibebani harapan akan masa depan dan penyesalan pada masa lalu), mampukah anda menemukan diri anda sekarang sebagai sebuah simpul dari benang-benang masa lalu? Bisakah anda menemukan hubungan dari semua ini?

Pengembangan diri yang didasarkan pada potensi dan bakat diri akan menghasilkan kekuatan yang dahsyat bagi seseorang dalam usahanya meraih cita-cita dan kesuksesan hidup di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Followers

Total Pageviews